Trik Penyinaran Afdruk Dengan Lampu Atau Matahari

hai apa kabar semua om & tante...? Pasti masih hidup khan? wuah berkat terbesar yang kita terima dari Tuhan sih adalah "NAFAS HIDUP", bisa bayangin gak kalo kita bangun pagi tiba2 gak bernafas...? wuah artinya Innalilahi dong hehehe......

Okeh tanpa belat-belit langsung aja kita bahas mengenai cara "Trik Penyinaran Afdruk Dengan Lampu Atau Matahari". Ayo Kita ke Te-Ka-Pe

DENGAN SINAR MATAHARI :
1.Pkl 08.-10  -----> Kalo MAtaharinya Terang Durasinya 20-30 Detik Saja.
                     -----> Tapi Mataharinya Loyo alias Kurang Terang Durasinya 30-40 Detik Saja.

2.Pkl 10-11  ------> KAlo JAm segini Durasinya bisa di coba 20-25 Detik saja.

3.Pkl 12      -----> Wuah kalo jam segini sih gak boleh  lebih dari 13-15 Detik SAja, Karena panas terik yang minta ampyun panasnya. Jangan coba2 lebih2 dari durasi ini kalo om & Tante gak mau hasil Afdrukannya Keras kayak ember dan Gatot alias Gagal Total.

4. Pkl 13-14 ------> Jam segini mah panasnya masih lumayan, jadi coba jemur afdrukkannya selama 20-25 detik aja.

5. Pkl 15-17 -----> Asalkan masih ada cahaya matahari silahkan coba selama 20-35 Detik SAja.

KALO MENDUNG...?
Asalkan masih ada sedikit Cahaya bisa dicoba selama 30 Menit.

KALO HUJAN & GELAP BISA GAK...?
Masih bisa juga Om, cobain selama 1-2 Jam.

DENGAN LAMPU.
KAlo ini sih sebaiknya para SAbloner wajib memilikinya, karena kalo ada orderan yang datangnya malam, om & tante tetep bisa kerjainnya.
Durasi lama penyinarannya antara lain:

1. Untuk Tex Biasa Durasinya 10-20 Menit ( Tergantung Jarak Lampu ke atas Kaca Meja Afdruk ) KAlo punya gue kurang dari 1 jengkal aja.

2. Kalo Raster / Halftone ato gambar2 kecil yang halus banget, Gue biasanya cuman Sinari selama 2 Menit aja dah jadi kok.

3. Kalo yang higthdensity sih jujur aja gue belom pernah coba pake lampu, soalnya kelamaan om, aku biasanya pake Matahari aja selama 30 Detik pada jam 12 Siang bolong. Menurut Guru besar Sablon Gue sih (Gini2 juga gue masih perlu belajar om hehehe) durasi kalo bikin Afdrukan Higthdensity selama 30 Menit Bisa juga selama 1 Jam.

Jadi, kalo semua afdrukannya sudah disinari, cabut gambarnya, lalu basahi screennya dengan air, usap2 dengan jari-jemari dari depan & belakang screen, kemudian coba deh di semprot dengan Hair Spray. KAlo semuanya sudah selesai dikerjakan, bilas screenya dengan air bersih, lalu jemur afdruk dengan matahari supaya tambah keras & Kuat. Tapi kalo malam, yah keringin pake Hair Dryer lalu taburi dengan penguat Screen yang namanya bisa di beli di toko obat, ops salah maksudnya bisa dibeli di tempat peralatan sablon. soalnya tiap2 daerah namanya berbeda-beda. Trus kalo udah keringin lagi screennya, dan siap pake deh.

Nah catatan penting untuk Diingat :
1. Sebaiknya baca baik2 semua artikelnya yah om, jangan sepotong-potong kalo mau berhasil afdrukannya.
2. Semua yang aku sharekan di atas adalah menurut pengalaman pribadi Gue aja, Jadi om & Tante bisa coba ikutin trik diatas, artinya kalo ada kegagalan, coba cari selisih waktunya dimana...? Kalo pada saat di semprot afdrukkannya hancur semua berarti om & Terlalu cepet Sinari Afdruknya, perlu sedikit tambahan waktu kalo begitu. Tapi kalo pada saat afdryukkannya mau semprot trus keras, artinya sebaliknya, Om terlalu lama Jemurnya/sinarinya. Kurangi lagi durasinya kalo gitu.

Okeh dah, sekian dulu share dari saya, met lebaran mohon maaf lahir bathin yah, kalo masih ada Opor ayamnya, jangan lupa kirim aja ke alamat kami hehehe.

( Boleh Copy paste, asal menyertakan Link Gue yah Sob. )

No comments: